fbpx

Bawaslu: Media Punya Peran Penting Dalam Pemilu

CIANJUR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Jabar menilai, media masa memiliki peran penting dalam setiap penyelenggaraan pemilu. Sebab, berbagai informasi yang disampaikan kepada masyarakat tentu akan mempengaruhi jalannya proses demokrasi.

Untuk itu, Anggota Bawaslu Jabar, Yusuf Kurnia, berharap media dapat menjadi jembatan bagi masyarakat untuk lebih mengenal para kandidat dalam setiap pemilu, termasuk dalam Pilkada serentah tahun 2020.

“Masyarakat selama ini terbatas untuk mengetahui secara mendalam para kandidat dalam pilkada atau saat pileg,” kata dia, Selasa (26/11/2019).

Baca Juga: Bawaslu Ciajur Ajak Media Turut Mengawasi Pilkada Serentak 2020

Menurutnya, masyrakat bisa mengetahui para calon tersebut setelah mendapatkan ruang di berbagai media masa seperti online, Cetak, televisi dan radio dengan berbagai konten didalamnya.

Selain itu, Dia juga mengatakan, pihaknya mewaspadai politik uang dan kampanye hitam yang terjadi dalam masa pilkada. Pasalnya dalam pembuktiannya, sulit untuk menyentuh aktor intelektualnya.

“Sedangkan untuk kampanye hitam terkadang distribusinya lewat akun palsu atau pesan berantai, ini jelas patut diwaspadai,” katanya.

Baca Juga: Pemkab Cianjur Segera Antisipasi Lonjakan Harga Sembako Jelang Akhir Tahun

Dia menambahkan, harus ada persamaan persepsi bagaimana langkah yang akan dilakukan sejak awal dalam menyikapi persoalan-persoalan penegakan keadilan dalam setiap pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Saya akui kesadaran publik untuk melapor sangat terbatas sekali. Jadi saya harapkan disini ada peran media untuk menjadi wadah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,” pungkasnya.(zie/zak)

Baca juga

Leave a Comment