Dikabarkan Jadi Menteri, Ini Biografi Singkat Pendiri GO-JEK

Nadiem Makarim/net.

PRASASTIJABAR.COM-Nama Nadiem Makarim sebagai Pendiri GO-JEK semakin terkenal seiring dengan ‘booming’ nya nama Go-Jek di Indonesia. Presiden Jokowi pun sampai kepincut dengan Nadiem dan mengajaknya bergabung dalam jajaran Kabinet Indoensia Kerja Jilid II.

Nadiem Makarim dilahirkan di Singapura pada 4 Juli 1984. Nadiem merupakan anak pasangan dari Nono Anwar Makarim yang berasal dari Minangkabau yang berprofesi sebagai pengacara. Sementara ibunya Atika Algadrie merupakan keturunan Arab. Nadiem menikah dengan Franka Franklin pada 2014 dan memiliki anak bernama Solara Franklin Makarim.

Di ketahui bahwa ia mulai bersekolah SD di Jakarta, kemudian ia lulus SMA di Singapura, dari Singapura ia kemudian melanjutkan pendidikannya di jurusan International Relations di Brown University, Amerika Serikat.

Ia juga melanjutkan studinya di Harvard Business School, Harvard University dan lulus dengan menyandang gelar MBA (Master Business Of Administration).

Ia diketahui pernah bekerja di sebuah perusahaan Mckinsey & Company sebuah konsultan ternama di Jakarta dan menghabiskan masa selama tiga tahun bekerja disana. Diketahui pula ia pernah bekerja sebagai Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia kemudian menjadi Chief Innovation officer kartuku.

Dirikan GO-JEK

Keluar dari Zalora, Nadiem kemudian mendirikan GO-JEK pada 2011. Ide bisnis transportasi GO-JEK sendiri berasal dari pemikirannya ketika ia berdiskusi dengan tukang ojek langganannya. Ia jarang menggunakan mobil karena mobilitasnya yang tinggi, ia lebih sering menggunakan jasa ojek.

Awal berdiri Gojek, Nadiem mempunyai 20 driver gojek. Dan sistem yang ditawarkan yakni via telepon call center. Dimana pelanggan menghubungi langsung call center untuk mendapatkan driver terdekat.

GO-JEK semakin berkembang setelah pada tahun 2014 mendapat suntikan dana dari perusahaan investasi asal singapura yaitu Northstar Group.

Perkembangan positif perusahaan membuat perusahaan ojek milik Nadiem Makarim tersebut juga mendapat suntikan dana pada tahun yang sama dari dua perusahaan yakni Redmart Limited dan Zimplistic Pte Ltd.

Dilansir dari majalah Globe Asia, pria lulusan Harvard university itu kini memiliki total kekayaan senilai 100 juta dollar Amerika atau sekitar Rp1.4 triliun. Kekayaannya ini berasal dari saham yang ia miliki di GO-JEK.

Jadi Menteri

Melihat kreativitas Nadiem, Presiden Jokowi pun mengajaknya bergabung dalam jajaran Kabinet Indonesia Kerja Jilid II periode 2019-2024. Posisi Nadiem sebagai menteri rencananya akan diumumkan Jokowi besok, Rabu (23/10/2019). (red).

Sumber : biografiku.com

 

 

Baca juga

Leave a Comment