Jelang Akhir Tahun, Dishub Bakal Periksa Kelayakan Angkutan Umum

Sejumlah petugas Dishub Cianjur tengah melakukan uji kelayakan angkutan umum beberapa waktu lalu

CIANJUR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, akan segera melakukan pengecekan kendaraan angkutan umum menjelang pergantian tahun dan Natal 2019. Hal tersebut dipastikan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Kasi Management dan Rekayasa Lalulintas Dishub Cianjur, Iqbal Safarudin menjelaskan, pemeriksaan tersebut meliputi kondisi mesin, rem, dan fungsi kendaraan lainnya.

“Kalau ditemukan ada angkutan yang tidak laik jalan, kami tidak akan izinkan untuk beroperasi sebelum dilakukan perbaikan,” Kata dia, Kamis (28/11/2019)

Baca Juga: BKPPD Cianjur Himbau Peserta Formasi CPNS 2019 Warpadai Calo

Dia mengatakan, pemeriksaan kelaikan kendaraan tersebut akan dilakukan sepekan sebelum libur panjang Natal dan tahun baru. Pemeriksaan tersebut akan dilakukan di Terminal Pasirhayam Cianjur.

“Untuk target pemeriksaannya sendiri akan difokuskan kepada angkuta umum, seperti angkot, elef, dan juga bis umum antar kota yang melintasi wilayah Cianjur,” ucap dia

Selain melakukan pengecekan lanjut dia, kelayakan kendaraan, pihkanya pun akan membuat posko di beberapa titik, seperti di Cipanas, Haurwangi, Terminal Pasirhayam dan di Kantor Dishub Cianjur.

Baca Juga: MAKI Laporkan Polres Cianjur ke Kompolnas

“Untuk mencegah terjadinya kemacetan, Kami dan Polres Cianjur bakal berkoordinasi dalam pelaksanaan rekayasa lalulintas,” katanya

Iqbal menambahkan, untuk mengurai kemacetan pihaknya mengaku telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif. Sedangkan untuk diwilayah Cianjur utara dan Ciranjang yang sering terjadi kepadatan arus lalulintas akan diterapkan sistem satu jalur.(zie/zak)

Baca juga

Leave a Comment