fbpx

Kepoin Yuk Si Gledek, Jago Karate Asal SMAN 1 Karawang

Gledek Nugroho Samudro.

KARAWANG-Jika dilihat dari postur tubuhnya yang hanya berbobot 55 kilogram dan tinggi 162 cm, mungkin sebagian orang tidak akan menyangka kalau pemiliki nama lengkap Nugroho Gledek Samudro (17) ini jagoan di bidang karate.

Gledek, begitu ia disapa oleh temannya, saat ini sedang menempuh bangku sekolah kelas XII jurusan IPA di SMAN 1 Karawang, sekolah yang kerap menelurkan siswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik.

Kepada Prasastijabar.com, Gledek bercerita kalau dirinya mulai jatuh hati ke karate sejak masih duduk di kelas I SD. Saat itu, ia tertarik karate karena melihat atkivitas kakaknya yang juga aktif di olahraga karate.

“Lihat kakak saya aktif di karate, saya jadi ikutan latihan karate bareng kakak di SMP,” ujarnya, Senin (2/12/2019).

Baca juga : Keren, Pelajar SMAN 1 Karawang Boyong Lima Piala di Ajang LKP XII

Sejak itu, Gledek makin ketagihan ikut beladiri karate. Ia pun giat latihan karate dan ketika duduk di kelas II SD, ia ikut kejuaraan namun belum berhasil jadi juara.

Piagam yang diraih Gledek.

“Baru ketika di kelas III saya ikut O2SN dan juara 1 bidang karate,” ucap pelajar kelahiran Jakarta 15 Januari 2002 ini.

Piala juara pertama yang diraihnya semakin membius dirinya untuk terus berprestasi di bidang karate. Singkatnya pada 2019, Gledek berhasil menjuarai pelbagai kejuaraan karate. Di antaranya juara 1 Kapolres Karawang Cup, juara 1 Karate Karawang Open Championship, juara 1 Bupati Cup, juara 1 Kejuprov Aski Jabar dan terbaru juara 2 Piala Dandim 0609 Bandung di kejuaraan Kartika Tangkas Open Turnamen.

“Alhamdulillah, pada 30 Desember kemarin saya dapat juara 2 junior kumite perorangan putra 55 kg,” katanya.

Tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Lati Andriani, mengatakan, SMAN 1 Karawang selalu mendorong dan memotivasi para siswanya untuk berprestasi di bidang akademik dan non akademik. Jika ada siswanya yang sedang mengikuti event, maka diberikan dispensasi kepadanya.

Baca juga : Eks Dandim Kendari Ternyata Alumni SMAN 1 Karawang

“Kami berikan dispensasi, yakni yang bersangkutan tetap dianggap hadir di kelas,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan materi dan non materi kepada siswa berprestasi. Bentuknya, jika akan berangkat diberikan uang saku tambahan untuk transportasi atau bekal jajan.

“Ketika mereka dapat juara, maka mereka akan kami umumkan dan dikalungi bunga ketika upacara bendera,” tutupnya. (red).

Baca juga

Leave a Comment