Kunjungan Wisatawan Ke Destinasi Jangari, Setiap Tahunnya Terus Mengalami Penurunan

Pintu Masuk Destinas Jangari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur

CIANJUR – Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Cianjur, mencatat tingkat kunjungan destinasi wisata Jangari mengalami penurunan sebesar 30 persen dari tahun sebelumnya.

Wakil Ketua Kompepar Kabupaten Cianjur, Hendrawan mengatakan, dari priode Januari hingg Oktober 2019 tingkat kunjungan wisatawan mencapai sekitar 20 ribu orang pengunjung.

“Dari jumlah kunjungan tersebut retribusinya mencapai sekitar 100 juta, sedangkan untuk tahun ini Disparpora Kabupaten Cianjur mentarkan sebesar 400 juta,” kata dia, Jumat, (01/11/2019)

Tingkat kunjungan destinasi jangari pada tahun sebelumnya lanjut dia, mencapai sebanyak 35 ribu orang pengunjung. Dalam setiap tahun angkat kunjungan selalu mengalami penurunan.

“Setiap tahunnya kunjungan ke Jangari terus mengalami penurunan sebesar 20 hingga 30 persen. Sedangkan untuk para pengunjung masih di dominasi oleh masyrakat lokal, dan sebagian beberapa pengunjung dari luar kota seperti Bandung dan sekitarnya,” katanya

Menurutnya, tingkat kunjungan Jangari yang terus mengalami penurunan tersebut diduga karena kurangnya sejumlah fasilitas penunjang untuk wisatawan.

“Sudah hampir sekitar 20 tahun, tempat destinasi wisata jangari belum pernah dilakukan perbaikan, dan penambahan sejumlah fasilitas umum sehingga berpengarih terhadap angka kunjungan,” tuturnya

Namun pihaknya menjelaskan, Disparpora propinsi berencana akan segera memperbaiki dan menambah sejumlah fasilitas di destinasi jangari pada 2020 nanti.

“Oleh karena itu, kini kami tengah melakukan sosialisasi kepada sejumlah pemilik kios disekitar lokasi jangari. Mudah-mudahan rencana tersebut tidak hanya sekedar wacana saja, dan bisa segera merealisasikannya agar tingkat kunjungan jangari bisa meningkat,” pungkasnya. (zie/dn)

Baca juga

Leave a Comment