fbpx

Pemkab Cianjur Bakal Tata Wisata Ramah Lingkungan

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur berencana untuk melakukan penataan kawasan wisata supaya bersih dan ramah lingkungan serta mengedepankan ekowisata.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, penataan destinasi wisata memang terus dilakukan. Namun untuk sebelumnya tidak berfokus pada satu hal melainkan secara acak.

Pengembangan wisata lanjut Herman, akan lebih difokuskan dalam beberapa tahap, dimulai dari pembangunan infrastruktur jalan sebagai akses menuju destinasi wisata, penataan kawasan wisata, dan promosi pariwisata.

“Pembangunan infrastruktur sudah kami genjot, seperti ke situs Megalitikum Gunung Padang dan destinasi wisata lainnya. Selanjutnya ke penataan kawasan wisata. Dengan tujuan agar kawasannya bersih dan ramah lingkungan, sehingga pengunjung akan betah untuk berlama-lama di destinasi wisata di Cianjur,” kata dia, Sabtu (23/11/2019)

Menurutnya, wisata yang akan dikembangkan ke depan lebih pada ekowisata atau wisata berwawasan lingkungan.

“Cianjur memiliki kekayaan alam yang banyak, makanya yang di kedepankan itu nantinya lebih pada ekowisata. Contohnya wisata hutan kota Cianjur,” kata dia.

Dia menambahkan, salah satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemkab terkait penataan destinasi wisata, ialah kawasan Jangari. Dimana destinasi tersebut saat ini belum ditata secara optimal, meskipun juga ditargetkan ke depannya lebih ramah lingkungan dan nyaman.

Herman mengatakan, penataan total Jangari tidak akan dilakukan dalam waktu dekat, sebab Pemkab menunggu dulu pelaksanaan program Citarum Harum selesai dilaksanakan.

“Untuk penataan besar-besarannya nanti setelah Citarum Harum. Tapi tetap ada penataan kecil untuk jangka pendeknya,” pungkasnya.(zie/zak)

Baca juga

Leave a Comment