fbpx

Pengabdian Masyarakat, Prodi TI dan TM UBP Karawang Berikan Pelatihan Servis Motor ke Warga Srikamulyan

Pengabdian Masyarakat IT UBP Karawang di Desa Srikamulyan.

KARAWANG-Program Studi Teknik Industri dan Teknik Mesin (Prodi TI dan TM), Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang untuk kesekian kalinya melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan PKM tahun ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan dan Pengelolaan Kendaraan Bermotor Roda Dua”, bertempat di Balai Desa Srikamulyan, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang pada Sabtu (30/11/2019). Kegiatan ini ditujukan bagi Karang Taruna dalam bentuk pelatihan teknik perawatan sepeda motor.

Penanggung jawab kegiatan pengabdian masyarakat, Nana Rahdiana, mengatakan, pelaksanaan pelatihan teknik perawatan sepeda motor disampaikan baik secara teori dan praktik, bahkan panitia menyiapkan lima unit sepeda motor (dua motor karburator dan tiga motor injeksi), untuk media praktik lengkap dengan door prizenya.

Praktik Sepeda Motor oleh Mahasiswa TI UBP Karawang.

Baca juga : UBP Karawang Gelar Seminar Nasional TI Modern Berbasis Kecerdasan Buatan

“Sebanyak 15 pemuda Karang Taruna Desa Srikamulyan mengikuti pelatihan dengan semangat dan atusias. Kegiatan PKM tahun ini dihadiri dosen Teknik Industri dan Teknik Mesin, mahasiswa Teknik Industri dan Teknik Mesin, kepala desa, perangkat desa dan karang taruna,” kata Nana.

Ketua Program Studi Teknik Industri, Ade Suhara, menjelaskan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang harus dilaksanakan dosen dan mahasiswa sebagai bentuk aktivitas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping kegiatan pengajaran dan penelitian.

Baca juga : Sah, 675 Mahasiswa UBP Karawang Angkatan Pertama Jadi Sarjana

“Kegiataan pengabdian ini adalah kali kedua yang dilaksanakan di Desa Srikamulyan, namun dengan teman dan peserta yang berbeda. Tahun lalu kegiatan pelatihan komputer untuk perangkat desa dan masyarakat,” ujarnya.

“Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan tentunya dengan tema-tema lain yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntuntan dan perkembangan zaman,” tambah Ade.

Kepala Desa Srikamulyan, Halim, mengaku bangga dan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan dosen-dosen dan mahasiswa UBP Karawang, khususnya untuk prodi Teknik Industri dan Teknik Mesin yang sudah memilih desanya sebagai tempat kegiatan pelatihan dan pengabdian.

“Mudah-mudahan melalui pelatihan-pelatihan ini, Desa Srikamulyan khususnya karang tarunanya memiliki skill dan keterampilan untuk mandiri, sebagaimana harapan saya agar Desa Srikamulyan mampu menjadi desa yang maju, makmur dan mandiri,” ucapnya.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan makan ikan bakar bersama dengan seluruh peserta pelatihan di Pantai Sedari yang letaknya tidak jauh dari kantor Desa Srikamulyan. (red).

Baca juga

Leave a Comment