Puluhan ODGJ Bersosialisasi di Kebun Raya Bogor

Beginilah kecerian puluhan ODGJ Jambrut Biru saat bersosialisasi di Kebun Raya Bogor.

BOGOR-Peringati Hari Kesehatan Dunia, puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dari Yayasan Jambrut Biru Bekasi, melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum dengan negikuti aneka lomba di Kebun Raya Bogor, Jumat (11/10/2019).

Kegiatan yang digagas Yayasan Dompet Dhuafa ini bertujuan agar pasien kejiwaan yang dirawat oleh Yayasan Jambrut Biru, lebih bisa mengenali dirinya sebagai bagian dari masyarakat secara umum dan mampu bersosialisasi jika mereka sembuh totalbdan kembali ke pangkuan keluaraga.

“Selain untuk menghibur mereka, kegiatan ini untuk lebih mengasah kembali daya ingat dan mebuka memori bahwa mereka adalah bagian dari masyarakat secara umum,” ungkap Ketua Yayasan Jambrut Biru, Suhartono.

Ia menambahkan, ODGJ yang menjalani pengobatan di Yayasan Jambrut Biru berlatar belakang penyebab yang berbeda beda, mulai dari akibat narkoba, ilmu hitam hingga pengaruh games.

Baca juga : Ratusan Karyawan PT. PPE Bogor Terancam Dirumahkan

“Semuanya ada sebanyak 153 pasien, 12 pasien adalah perempuan. Kebanyakan akibat narkoba dan ilmu hitam. Dan mulai tahun 2018 mulai banyaknpasien akibat gadget atau games,” jelasnya.

Metode pengobatan yang dilakukan Yayasan Jambrut Biru melalui lima cara antara lain, doa, petuah, ramuan, urut dan pijit.

“Pembinaannya meliputi pendalaman ilmu agama, olahraga dan penguatan disiplin,” kata Suhartono.

Dalam sosialisasi ini, sebanyak 25 pasien ODGJ binaan Yayasan Jambrut Biru mengikuti aneka lomba sesuai bakat yang dimiliki masing masing, mulai dari membaca puisi, khotbah, adzan hingga melukis.

Baca juga : Bentrok Ormas di Bogor Mencekam, Kendaraan Dibakar

Selain itu mereka juga diajak berkeliling menggunakan bus wisata sambil menikmati kenyamanan dan suasana Kebun Raya Bogor. Kecerian dan kebahagian terpancar dari raut wajah dan tingkahvlaku mereka selama mengikuti kegiatan. (man/tif).

Baca juga

Leave a Comment