fbpx

Rumah Pintar Pemilu Tempat Edukasi Politik Bagi Masyarakat

PURWAKARTA – Meski saat ini Kabupaten Purwakarta tidak menghadapi tahap penyelengaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta menyediakan tempat sosialisasi kepemiluan dan edukasi wisata politik bagi masyarakat.

Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ikhsan Faturrahman mengatakan, tempat yang diberi nama Rumah Pintar Pemilu tersebut dilengkapi ruang audio visual, miniatur pencoblosan dan pasilitas lainnya yang berhubungan dengan edukasi kepemiluan.

“Rumah Pintar Pemilu disediakan bagi masyarakat khususnya para pelajar atau mahasiswa yang ingin mengakses pengetahuan demokrasi dari mulai regulasi hingga praktek pemilu di Purwakarta,” ujar Ikhsan, Kamis (28/11/2019).

Diketahui, Rumah Pintar Pemilu dibuka sejak Selasa kemarin, Ikhsan berharap selain masyarakat, tempat tersebut juga menjadi acuan para guru PKN se-Purwakarta untuk jadi bahan pengetahuan demokrasi yang nantinya disampaikan kepada pelajar.

“Diharapkan juga ada kunjungan dari guru PKN tiap sekolah, organisasi mahasiswa dan masyarakat umum yang peduli terhadap kepemiluan untuk bisa berkunjung,” harapnya.

Dengan prosedur yang mudah dan cepat, pihak sekolah yang ingin berkunjung bersama muridnya hanya cukup memberkirim surat sebagai pemberitahuan ke KPU.

“Tinggal kirim surat ke KPU, nanti kita jadwalkan kapan waktu nya biar nanti kita pasilitasi dan diberikan pembimbing untuk menjelaskan segala hal yang memang menjadi bahasan dalam kunjungan tersebut,” jelas Ikhsan.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment