Sate Jamur Cibatu Gurih dan Bikin Ketagihan

Bupati Anne cicipi sate jamur.

PURWAKARTA-Tidak ada yang asing ketika kita mendengar kuliner khas yang disebut Sate. Kuliner khas yang biasa berbahan pokok daging yang dibakar dengan dipadukan bumbu sambal kecap tersebut banyak ditemui dimanapun bahkan seakan menjadi menu wajib di setiap rumah makan.

Namun apa jadinya jika disalah satu kedai makan dengan nama Hendra Supa milik Hendra (29), di Kampung Pasirmalang, Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, menyediakan sate berbahan utama Jamur.

Ya Sate Jamur, padahal selama ini masyarakat mengenal jamur sebagai salah satu sayuran yang biasa dimasak dengan cara disayur atau terkadang dibuat pepes, namun ternyata jenis sayuran yang biasa tumbuh di hutan tropis bisa diolah menjadi berbagai macam kuliner.

Baca juga : Kue Simping, Kuliner Khas Purwakarta dengan Resep Asli Warisan Leluhur

“Adapun jamur yang diolah berjenis jamur tiram putih, tiram coklat dan jamur tiram abu-abu. Menu yang disajikan ada pepes jamur, nugget jamur, lumpia isi jamur, sate jamur dan krispy jamur,” terang Hendra, kepada Prasastijabar.com, Sabtu (19/10/2019).

Sebelum ia terjun kedunia bisnis kuliner, beberapa tahun ia sempat menjadi petani jamur bersama salah satu kelompok petani jamur lainnya. Hasilnya, dijual ke pasar – pasar tradisional diberbagai daerah di Jawa Barat.

Berbekal pengalaman itu lah, ia pun mengetahui, selain sebagai sayuran bergizi tinggi ternyata Jamur pun bisa diolah menjadi kuliner yang menjanjikan.

“Insya Allah selain bergizi tinggi jamur juga aman untuk dikonsumsi, karena saya mengenal jamur sudah bertahun- tahun sejak saya menjadi petani jamur,” ujarnya.

Baca juga : Tahun 2020, Purwakarta Jadi Pusat Oleh-oleh Jawa Barat

Diketahui, sate jamur hasil olahan Hendra tersebut, selain sudah dikenal masyarakat di daerahnya juga menjadi buruan penikmat sate jamur oleh sejumlah pejabat daerah di Kabupaten Purwakarta.
Bahkan tak jarang, untuk mengenalkan sate jamur ke masyarakat, sate jamur sering diikutkan pada pameran kuliner yang diadakan pemerintah hingga acara Gempungan bersama rombongan Bupati Purwakarta.

Meski tidak menyebut harga per porsinya, namun Hendra menyebutkan untuk menikmati sate jamur olahannya tersebut tidak perlu merogoh saku terlalu dalam.

“Kalau harga insyaalah terjangkau bahkan untuk kalangan bawah sekalipun, yang penting silahkan datang dan nikmati bagaimana gurihnya sate jamur, dijamin pasti ketagihan,” pungkasnya. (wes/tif).

Baca juga

Leave a Comment