Tahun 2020, Purwakarta Jadi Pusat Oleh-oleh Jawa Barat

Salah Satu Produk/Cemilan Khas Purwakarta.

PURWAKARTA-Pemerintah Kab Purwakarta menargetkan tahun 2020 mendatang kota Purwakarta menjadi pusatnya oleh-oleh Jawa Barat.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengatakan, hal itu sebagai salah satu upaya untuk mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) konsisten mengembangkan produk yang selama ini telah digeluti.

“Sejauh ini denyut perekonomian masyarakat melalui UMKM cenderung berkembang. Bahkan ekonomi kreatif terus bermunculan. Dari mulai jenis kuliner maupun buah tangan lain semisal salah satu makanan khas Purwakarta yaitu simping,” ungkap Anne belum lama ini.

Baca juga : Napi Kendalikan Kejahatan Melalui HP, Ini Modusnya

Anne pun telah memproyeksikan supaya ke depan Purwakarta menjadi salah satu pusat buah tangan atau oleh-oleh, membuat centra-centra UMKM, baik itu jenis makanan maupun cindra mata atau ekonomi kreatif lainnya. Saat ini, sudah banyak produk UMKM yang berhasil dan membawa harum nama Purwakarta dan menjadi ikon makanan khas.

“Seperti rangginang Nang Ning, Kripik Macaca, Keripik Kutang, Kopi Purwa dan yang lebih dulu terkenal yaitu kue Simping. Nanti kita buat central oleh-oleh khas Purwakarta. Jadi, wisatawan atau pengunjung yang datang ke Purwakarta tak perlu lagi bingung nyari oleh-oleh,” kata Anne.

Baca juga : Kue Simping, Kuliner Khas Purwakarta dengan Resep Asli Warisan Leluhur

Selain itu, dalam sektor kepariwisataan di Purwakarta telah berkembang sejak beberapa tahun terakhir. Jumlah kunjungan wisatawan pun meningkat setiap tahun.

Menurutnya, hal itu tentu menjadi peluang besar dalam meningkatkan perekonomian. Apalagi peluang pengembangan ekonomi kreatif warganya sangat besar.

“Sektor pariwisata di Purwakarta sedang tumbuh pesat, warga harus bisa menangkap peluang tersebut,” tutup Anne. (wes/tif).

Baca juga

Leave a Comment